Kamis, 05 November 2015

Perbedaan teknologi digital dan analog

Kalian pasti tidak asing lagi dengar kata “Analog” ataupun “Digital” kan? 
Sekarang lebih banyak ditemukan teknologi digital daripada analog. Kalian tahu ga sih apa bedanya antara analog dengan digital??

Analog

Teknologi analog adalah suatu bentuk perkembangan teknologi sebelum berkembangnya teknologi digital..
Jadi, bisa di bilang Teknologi analog itu papanya dari teknologi digital. Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual, dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja. Pada teknologi analog, gambar dan suara hanya diubah menjadi gelombang radio

Contohnya: Jam dinding, jam tangan, Multi tester, Neraca Analog 

























Digital

Sekarang kita move on ke teknologi digital. Teknologi digital gampang banget kita temukan disekitar kita apalagi di jaman seperti ini.

Teknologi digital adalah teknologi yang dilihat dari pengoperasionalannya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia. Berbeda dengan teknologi analog yang masih menggunakan tenaga manusiateknologi digital cenderung pada sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan system komputeralisasi/ format yang dapat dibaca oleh komputer.

Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.  dengan teknologi digital kita dapat menikmati gambar yang kualitasnya lebih baik, teknologi digital menkonversi gambar dan suara menjadi data digital yang terdiri dari angka 1 dan 0.

Contohnya: lampu jalan, jam tangan digital, neraca digital, dan masih banyak lagi…





Sekarang udah tahukan apa bedanya teknologi digital dengan teknologi analog?? Semoga bermanfaat untuk kalian…. ^^

1 komentar: