Kamis, 07 Januari 2016

A.1. Gelombang Radio



Gelombang radio adalah gelombang yang memiliki jangkauan frekuensi yang cukup luas dan biasanya dihasilkan oleh rangkaian isolator dalam alat-alat elektronika. Gelombang radio digunakan sebagai alat komunikasi, seperti radio, televisi, dan telepon yang memiliki daerah frekuensi antara 104 sampai 107 Hz. Dimana gelombang radio berfungsi untuk menggantarkan sebuah infomasi dari suatu tempat yang berjauhan.
Gelombang radio memiliki sifat dapat dipantulkan oleh lapisan  ionosfer bumi.
Modulasi amplitudo adalah Informasi berupa suara dikirimkan melalui gelombang radio dalam sebuah paket gelombang sebagai perubahan amplitudo. Jika yang berubah adalah frekuensi maka disebutr dengan modulasi frekuensi.
Mengapa modulasi frekuensi lebih unggul dari modulasi amplitudo (AM) dalam membawa informasi???
Hal itu disebabkan pada pemancar AM yang terdengar derau sebagai akibat adanya peristiwa-peristiwa kelistrikan dan kemagnetan di udara yang mengganggu amplitudo gelombang.
Selanjutnya adalah pengelompokan gelombang radio
1.       Gelombang panjang (long wave)
Panjang gelombangnya 30.000 m- 3.000 m. Gelombang panjang (long wave) ini termasuk frekuensi rendah (low frequency) atau yang disingkat dengan LF yang memiliki rentang frekuensinya antara 10 kHz-100 kHz. Gelombang ini digunakan sesebagai pemancar radio gelombang panjang komunikasi jarak jauh.
Kekurangan : memerlukan daya listrik yang sangat besar sehingga memerlukan biaya operasional yang lebih besar dan juga rentan terhadap gangguan karena jenis gelombangnya panjang dan lebar.
Kelebihan : mampu menjangkau range area yang sangat luas

2.       Gelombang menengah (medium wave)
Panjang gelombangnya 3,000 m-300 m. Gelombang  menengah (medium wave) ini adalah gelombang yang menggunakan permukaan bumi sebagai mediatornya. Gelombang menengah ini termasuk frekuensi menengah (medium frekuensi) atau yang disingkat dengan MF memiliki rentang frekuensi antara 100 kHz-1MHz. Jenis yang dipakai oleh gelombang ini adalah AM (amplitude modulation) dan FM (frequency modulation).
Gelombang ini digunakan sebagai pemancar radio gelombang jarak jauh
Kerugian              :  gelombang ini dapat cepat diserap oleh tanah daripada udara.
Kelebihan             : permukaan bumi kurang dipengaruhi oleh cuaca sehingga tidak terjadi  gangguan yang menyebabkan mutu penyiaran lebih bagus dalam kualitas suara dan sound effect.

3.       Gelombang pendek (short wave)
Panjang gelombangnya 300 m- 30 m. gelombang pendek (short wave) adalah gelombang yang menggunakan udara sebagai mediatornya. Gelombang pendek  termasuk gelombang yang memiliki frekuensi tinggi (high frequency) atau yang disingkat dengan HF dimana memiliki rentang frekuensi antara 1 MHz-10 MHz. Gelombang ini digunakan sebagai pemancar radio gelombang pendek. Banyak digunakan oleh pemancar internasional atau antar benua
Kerugian              : karena gelombang ini dipengaruhi oleh cuaca seperti matahari, udara, angin, dst, suara manusia dapat terdengar dengar baik tetapi sound effect kehilangan kualitasnya.
Kelebihan            :  dapat menjangkau wilayah yang luas

4.       Gelombang sangat pendek (very short wave)
Gelombang ini memiliki panjang gelombang sejauh 30 m- 3 m. gelombang ini memiliki rentang frekuensi yang sangat tinggi (very high frequency) atau disingkat dengan VHF yang memiliki rentang 10 MHz- 100 MHz. gelombang ini digunakan sebagaio komunikasi CB, Pemancar radio gelombang pendek FM, dan komunikasi radio polisi.

5.       Gelombang ultra pendek (ultra short wave)
Gelombang ini memiliki panjang gelombang sejauh 3 m – 0,3 m. gelombang ini memiliki rentang frekuensi yang ul;tra tinggi (ultra high frequency) atau ynag disingkat UHF yang memiliki rentang antara 100 MHz- 1GHz. Gelombang ini digunakan sebagai pemancar TV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar