Kamis, 07 Januari 2016

B. Bahaya Radiasi Elektromagnetik



Meski gelombang elektromagnetik itu bermanfaat banget buat kehidupan umat manusia di abad 21, gelombang elektromagnetik juga memiliki beberapa kerugian, diantaranya…


·         Menurunnya jumlah dan kualitas panen di bidang agrikultur karena dampak ardiasi UV-B (Ultraviolet) melambatkan pertumbuhan tanaman. Bahkan beberapa jenis tanaman bisa mengalami kekerdilan akibat radiasi ini.

·         Gelombang mikro menyebabkan stress pada syaraf otak.


·         Sinar ultraviolet, khususnya tipe B dengan panjang gelombang 290 nm mampu memicu kanker kulit apabila menyengat orang. Meski asalnya dari luar bumi, hal ini masih mungkin terjadi, apalagi sekarang sudah banyak terbentuk lubang ozon.

·         Radiasi HP bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan, hilang memori, peningkatan tekanan darah, rusaknya sel saraf bahkan sampai Alzheimer, Parkinson, tumor otak, dan kanker otak. Ini disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan HP berpotensi mengacaukan gelonmbang otak, kenapa bisa mengacaukan gelombang otak?  Karena radiasi tersebut menyebabkan pemanasan pada jaringan tubuh oleh rotasi dari molekul polar yang disebabkan oleh medan elektromagnetik. Nah, pemanasan ini terjadi apabila seseorang sedang menelpon dengan ponsel, karena biasanya HP ditempelkan ke bagian telinga yang sangat dekat dengan kepala saat dipakai untuk menelpon, sehingga radiasi elektromagnetik dari HP langsung masuk ke otak dan menyebabklan pemanasan. Pemanasan yang berlebih ini yang menyebabkan kacaunya gelombang otak dan tenutlah berujung ke penyakit-penyakit yang disebutkan  tadi.

·         Bisa terbentuk garis-garis bahkan keriput di kulit apabila kulit terlalu lama terkena sinar ultraviolet baik tipe A maupun B. Ini juga bisa menyebabkan kulit terbakaar dan karsinoma (semacam kanker kulit).


·         Radiasi elektromagnetik dari wi-fi juga dapat merusak kesehatan. Mulai dari kerusakan sel-sel otak, insomnia, hingga gangguan jantung dan kanker

·         Sinar X dan sinar gamma memiliki energ yang tinggi sehingga mampu mengionisasi molekul-molekul. Akibatnya, sel yang sehat fungsinya terganggu. Apabila ini terjadi pada sel manusia pasti dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Contohnya kanker.

·         Radiasi elektromagnetik dari wifi juga menghambat pertumbuhan tanaman.

·         Meski menguntungkan bisa mentransfer tegangan listrik yang sangat tinggi (500 kV), ini bisa menyebabkan gangguan pada keseimbangan alam karena resiko penyakit yang ditimbulkan radiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar