Kamis, 07 Januari 2016

Gelombang mikro(microwaves)



-Merupakan gelombang radio dengan frekuensi tertinggi dan frekuensi gelombang mikro merupakan super high frequency(SHF). Frekuensi gelombang mikro  berkisar antara 300Mhz hingga 300 Ghz
Pemanfaatan gelombang mikro :
1.Pemanasan
·         Oven Microwave
Jika gelombang mikro diserap oleh benda , maka benda itu menjadi panas.Konsep inilah yang dipakai dalam pemanfaatan oven microwave.Gelombang microwave yang digunakan sekitar 2,47 Ghz.

·         Memanaskan mobil
Pemanasan yang dilakukan oleh gelombang micro bersifat merata dan selektif terhadap bahan barang tersebut.Kita dapat memanaskan mobil memanfaatkan gelombang micro dan dapat mengatur panas yang kita inginkan.

·         Terapi Kanker
Terapi kanker menggunakan gelombang micro biasanya disebut dengan metode hyperthermia.Fokus pemanasan pada volume sel kanker dapat dioptimasi melalui antenna dan pengaturan daya serta jarak antenna dengan sel kanker.


2. Telekomunikasi
·         WiFi
Wifi memanfaatkan gelombang elektronik dengan frekuensi ISM

·         GSM
GSM di  Indonesia menggunakan frekuensi gelombang mikro sekitar 800Mhz , 900Mhz , 1800Mhz.

3.Radar dan navigasi
·         Radar
Radar memiliki kepanjangan : Radio Detection and Ranging.Radar meman faatkan pemantulan gelombang dari benda yang terdeteksi.Radar biasa digunakan untuk mendeteksi benda bergerak.Pantulan tersebut berasal dari polarisasi horizontal , vertical maupun circular.
·         GPS
GPS memiliki konsep yang sama dengan radar.Satelit mengirimkan pesan yang isinya adalah waktu pengiriman pesan dan informasi orbit satelit.Receiver GPS akan menghitung jarak receiver dengan setiap satelit yang mengirimkan pesan tersebut.
Jarak sasaran ke pusat radar dapat ditentukan dengan persamaan:

S=(C𝜟t)/2

S = Jarak sasaran ke pusat.
𝜟t=Selang waktu antara pemancaran dan penerimaan.
C=Kecepatan rambat gelombang radar.

Sinar Inframerah
Inframerah memiliki frekuensi antara 1011 – 1014 hz serta panjang gelombang 10-3-10-6m.Infra merah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell.Getaran elektron –elektron pada suatu atom dapat juga memancarkan gelombang elektromagnetik pada frekuensi yang khas dalam daerah inframerah.Spektroskop inframerah merupakan salah satu alat yang terpenting untuk mempelajari struktur atom dan molekul
Karakteristik infra merah:
·         Tidak dapat dilihat oleh manusia.
·         Tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang.
·         Dapat ditimbulkan oleh komponeny ang menghasilkan panas.
·         Panjang gelombang infra merah berbanding terbalik dengan suhu.Saat suhu mengalami kenaikan , panjang gelombang mengalami penurunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar